Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, ‘All Electric’

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Porsche Vision 357 adalah penghormatan untuk baris model pertama Porsche, mobil sport impian Ferry Porsche. Dan karena 356 telah menyatu dalam ingatan kolektif merek ini baik sebagai mobil convertible maupun coupé, logika yang sama berlaku untuk mobil konsep ini: hanya ada dua.

Michael Mauer, Vice President Style Porsche mengatakan, Porsche Vision 357 Speedster mewujudkan esensi merek ini. Kenikmatan dan dinamika berkendara yang dikombinasikan dengan bentuk yang sangat sederhana. Seperti pada Mission X yang baru kami perkenalkan beberapa minggu lalu, model ini menunjukkan bahwa meskipun memiliki gen desain yang segar, DNA Porsche tetap bersinar.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Vision 357 Speedster didasarkan pada teknologi 718 GT4 e-Performance. Oleh karena itu, motor listrik dan teknologi baterai berasal dari Mission R dan sasis berasal dari 718 GT4 Clubsport. Setelah premier dunianya di Festival of Speed Goodwood, mobil konsep ini akan dipajang pada Rennsport Reunion tahun ini di Amerika Serikat pada akhir September.

Mobil konsep ini memiliki kaca depan yang dipendekkan yang khas untuk speedster, yang memberikan penekanan lebih pada bodi mobil yang monolitik. Di sisi kanan mobil terdapat cover tonneau yang dulu umum digunakan pada mobil sport terbuka. Sandaran kepala pengemudi terlihat tergantung di udara karena adanya elemen rol karbon dengan desain teknis di belakangnya. Di belakang itu terdapat pintu pengisian daya dan penyangga atap speedster klasik.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Konsep dua warna dengan dua nuansa abu-abu, Marble Grey dan Grivelo Grey Metallic, terinspirasi oleh pendahulu sejarah motorsport, seperti pelindung fender depan yang digunakan untuk melindungi dari batu terbang dalam skenario balap dan sayap depan yang menampilkan warna Metallic yang lebih gelap. Roda depan juga dicat dalam Grivelo Grey Metallic. Ini dilengkapi dengan kontras dalam warna Miami Blue, misalnya pada mekanisme quick-release di sekitar penutup bonnet depan.

Logo ulang tahun dengan angka “75” dan tahun “1948” serta “2023” menggunakan Grivelo Grey Metallic dan Miami Blue – sebuah alternatif segar untuk elemen dekoratif pada Vision 357 coupé, di mana warna merah digunakan sebagai warna tambahan. Di atasnya terdapat gambar unicorn bergaya komik di depan roda belakang. Makhluk mitos ini digambar khusus untuk mobil konsep oleh desainer Porsche, yang juga menciptakan logo “Speedster” yang khas. Kamera menggantikan spion eksterior. Seperti pada model klasik pendahulunya, mereka tidak ditempatkan di pintu, tetapi lebih maju di fender. Pada model 357 atap terbuka, mereka memiliki bentuk yang dioptimalkan secara aerodinamis yang mengingatkan pada sayap.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Detail eksterior lainnya dikenal dari mobil konsep saudaranya: lambang cahaya empat titik di bagian depan memiliki desain bulat yang mengingatkan pada Porsche 356. Lampu belakang terletak di belakang rangkaian titik-titik berpola yang diukir pada bodi itu sendiri. Penghormatan lain untuk baris model Porsche pertama adalah pola grille vertikal di bagian belakang. Lampu rem ketiga terintegrasi dalam desain grille.

Trek lebar memberikan kesan yang kokoh dan meningkatkan stabilitas berkendara. Roda 20 inci terbuat dari magnesium dan dilengkapi dengan tutup roda dari serat karbon dan kunci pusat. Secara visual, mereka juga mengingatkan pada roda Porsche legendaris: 356 A dan 356 B dengan rem drum memiliki velg dengan lingkaran baut yang terkenal besar, yaitu 205 milimeter.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Interior ini disederhanakan hingga pada hal-hal yang esensial dan sepenuhnya disesuaikan dengan pengemudi. Posisi duduk yang rendah adalah esensi dari mobil sport. Cangkang kursi CFRP terintegrasi dalam monokok. Pengemudi duduk di atas bantalan yang dilapisi dengan Racetex dan dipegang dengan erat oleh sabuk pengaman enam titik dengan tali sabuk warna Miami Blue. Kluster instrumen berada di atas kolom kemudi sebagai permukaan transparan. Stir balap menunjukkan kesan ringan, sedangkan penyerap dampak tampak tergantung. Kontrol-kontrol individu pun menggunakan kembali warna aksen Miami Blue dari eksterior.

Seluruh dasbor menggunakan finishing serat karbon. Sebagai alternatif dari laci sarung konvensional, strap berwarna Miami Blue di bagian kanan atas dapat digunakan untuk mengamankan aksesori. Strap kain simple menggantikan pegangan pintu konvensional. Detail ini yang berasal dari lingkungan balap menghemat berat.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Vision 357 adalah highlight Porsche di Goodwood, tetapi jauh dari satu-satunya raritas dari produsen mobil sport yang akan hadir dalam acara tersebut. Porsche akan membawa lebih dari 15 model baru dan klasik ke West Sussex. Parade Porsche khusus akan mendaki bukit terkenal dua kali sehari di Festival of Speed. Tim istimewa ini akan dipimpin oleh 356 No. 1 Roadster. Kemudian diikuti oleh versi balap 928 “Trigema” dari tahun 1983, Cayenne Transsyberia, 959, 911 Turbo S (tipe 993), dan 911 Carrera S (991) yang sangat istimewa. Model ini adalah satu-satunya model 911 yang ke-1 juta diproduksi sejak diperkenalkannya mobil sport ikonik ini pada tahun 1963.

Porsche juga akan merayakan 100 tahun ulang tahun 24 Jam Le Mans di Goodwood. Karena merek ini memegang rekor dengan 19 kemenangan keseluruhan. Porsche juga akan menampilkan tiga juara kelas dan tiga pemenang keseluruhan lainnya di Goodwood. Hal ini termasuk 718 W-RS Spyder (pemenang kelas 2.0 liter pada tahun 1961), 935 Martini (pemenang kelas pada tahun 1976), dan 911 RSR dalam desain “Pig” (pemenang kelas GTE Pro pada tahun 2018). Trio pemenang keseluruhan meliputi 936/81 Spyder, 911 GT1 ’98, dan 919 Hybrid dari tahun 2017.

Mobil Konsep Porsche Vision 357 Speedster, 'All Electric'

Setelah premier mereka dalam perayaan “75 Years of Porsche Sports Cars”, 718 Spyder RS dan Mission X akan dipamerkan untuk pertama kalinya kepada masyarakat umum di Goodwood. Pengembangan roadster murni, 718 Spyder RS, didedikasikan untuk memberikan kesenangan berkendara maksimal di jalan berkelok-kelok di pedesaan. Mobil konsep Mission X adalah reinterpretasi spektakuler dari hypercar, dengan pintu bergaya Le Mans yang terbuka ke atas dan ke depan, serta sistem tenaga listrik yang bertenaga tinggi dan efisien.

Selain model-model terkini dari produsen mobil sport berbasis di Stuttgart, pengunjung Goodwood juga akan memiliki kesempatan untuk melihat traktor diesel Porsche “Junior 108”. Karena pada masa produksi Porsche 356, komisi pengembangan pelanggan adalah bagian integral dari portofolio perusahaan. Antara tahun 1949 dan Juli 1963, sekitar 120.000 traktor dibangun dengan lisensi dengan nama Porsche.

KOMENTAR (0)