MUFG Bank Mengambil Alih PT Mandala Multifinance

MUFG Bank Mengambil Alih PT Mandala Multifinance

MUFG Bank dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (perusahaan pembiayaan di Indonesia), anak perusahaan terkonsolidasi MUFG mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan PT Jayamandiri Gemasejati dan beberapa pemegang saham lainnya untuk pengambilalihan 80,6% saham PT Mandala Multifinance Tbk dengan nilai mencapai kurang lebih Rp7.042 miliar.

Pengambilalihan tersebut diharapkan akan selesai pada awal tahun 2024, tunduk pada penerimaan persetujuan-persetujuan dari otoritas terkait. Penyelesaian pengambilalihan ini akan menghasilkan MUFG Bank menjadi pemegang saham terbesar di MFIN dengan memegang 70,6% saham dan ADMF akan memegang 10% saham.

MUFG Bank Mengambil Alih PT Mandala Multifinance

MUFG Bank bersedia melaksanakan penawaran tender wajib, sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, terhadap sisa 19,4% saham MFIN setelah selesainya pengambilalihan 80,6% saham tersebut.

Bagi MUFG, yang menganggap Asia sebagai pasar utama kedua, Indonesia adalah pasar yang sangat penting karena memiliki PDB terbesar di Asia Tenggara, yang diharapkan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi di masa mendatang. MUFG juga memiliki keberadaan yang kuat melalui ADMF, anak perusahaan Danamon di pasar pembiayaan otomotif Indonesia, yang diperkirakan akan terus tumbuh.

MUFG Bank Mengambil Alih PT Mandala Multifinance

MFIN adalah perusahaan Indonesia yang kegiatan utamanya menyediakan pembiayaan otomotif untuk sepeda motor baru dan pembiayaan multiguna yang dijaminkan dengan sepeda motor di pasar domestik, dengan keberadaan yang kuat khususnya di Indonesia bagian timur. MUFG Bank dan ADMF bermaksud untuk memanfaatkan kekuatan MFIN, baik dalam produk maupun keberadaannya, untuk selanjutnya memperkuat dan memperluas usaha pembiayaan otomotif kami di Indonesia.

MUFG dan MUFG Bank bertujuan untuk memperkuat usaha mereka di Asia Tenggara melalui pembentukan platform usaha di Asia Tenggara dengan bekerja sama dengan bank mitra investee. Dalam menjalankan strategi ini, kami akan terus berupaya memberikan kontribusi bagi pertumbuhan di Asia Tenggara.

KOMENTAR (0)