C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

Enam dekade dan kesuksesan penjualan berbagai model dan varian, telah membuat Chevrolet Corvette memiliki tempatnya tersendiri di dunia otomotif.

Jajaran mobil Corvette selalu mampu bersaing dengan mobil sport Eropa. Generasi pertama Corvette diluncurkan pada tahun 1953, namun generasi kedualah yang akhirnya meraih popularitas, dan dijuluki ‘Sting Ray’ –walaupun inspirasi model mobilnya datang dari hiu mako.

C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

Dilansir dari Autocar.co.uk, Sting Ray dibekali mesin small block V8 Chevrolet yang berkapasitas 6.2-liter, yang mampu menghasilkan tenaga 460 bhp. Mesin ini merupakan bagian integral dari karakter Corvette di tahun 1970-an.

Sementara, Chevrolet C6 yang dijual selama delapan tahun tetap menjadi line-up penting dari perusahaan. Line-up ini termasuk model ZR1, satu-satunya yang menggunakan mesin LS9, dimana mesin ini merupakan yang terkuat dalam produksi mobil General Motors (GM).

C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

Corvette yang menjadi salah satu mobil sport terfavorit di AS ini pun menjadi legenda, namun dengan popularitasnya tersebut GM seakan ‘melupakan’ pasar otomotif luar negeri, termasuk Eropa. Ini cukup wajar, lantaran GM memang tampaknya tak membutuhkan volume ekspor mengingat permintaan tinggi akan Corvette hanya di pasar Amerika Utara saja.

Saat ini, Chevrolet Corvette telah memasuki generasinya yang ketujuh. Dengan model terbarunya ini, GM tampaknya telah melebarkan wawasan dan ambisi mereka. Corvette C7 memiliki bodi ringan dari aluminium, panel serat karbon, injeksi bahan bakar langsung dan berbagai pembaruan lainnya.

C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

Dengan segala update desain dan fitur-fitur terbarunya tersebut, membuat C7 mendapatkan julukan ‘Stingray’; sebuah kehormatan yang sebelumnya hanya diberikan pada dua model pendahulunya.

C7 Stingray juga telah melalui berbagai program modifikasi intensif untuk memenuhi standar mobil di Eropa, serta dilengkapi dengan spesifikasi standar yang jauh lebih lengkap ketimbang versi yang beredar di AS.

C7 Stingray, Corvette Terbaik Sepanjang Masa?

Nah, menilik dari keseluruhan desain, fitur dan kinerjanya, Corvette C7 Stingray pun dianggap sebagian kalangan otomotif sebagai Corvette terbaik sepanjang masa. Anda setuju? **MS

TAGS

KOMENTAR (0)