Konsep Retro Unik: Ford Mystere 1955

Konsep Retro Unik: Ford Mystere 1955

Ford Mystere adalah sebuah mobil konsep hasil kreasi Bill Boyer dari Advanced Styling Studio pada musim panas 1954. Mobil ini awalnya dibuat khusus untuk ditampilkan pada Detroit Auto Show 1955, namun karena unsur styling-nya yang terkesan sama dengan lini produk Ford untuk tahun 1957, Mystere akhirnya urung dipamerkan.

“Mystere adalah sebuah mobil ukuran besar yang canggih,” kenang Boyer. Ford Mystere memang memberi pengaruh kuat pada bodyside molding Ford Fairlane 500 keluaran 1957, juga pada perkembangan sirip belakang dan lampu belakang dari semua model Ford di era itu.

Konsep Retro Unik: Ford Mystere 1955

Pada bulan September 1955, Ford akhirnya merilis foto-foto Mystere. Berdesain bodi futuristik, Mystere rencananya akan dilengkapi oleh turbin gas sebagai sumber tenaganya. Konsep Ford Mystere kemudian juga dipamerkan pada ajang Chicago Extravagaza 1956, sebagai mobil prototipe yang belum memiliki spesifikasi mesin.

Konsep Retro Unik: Ford Mystere 1955

Bagasi dan ban cadangan ditempatkan di bawah kap depan. Kabin Mystere berdesain kanopi dan beratapkan sebuah gelembung besar dari kaca, yang sekaligus menjadi jendela dan kaca depan. Kabinnya sendiri berkapasitas 4 penumpang dewasa.

Untuk keluar-masuk penumpang, kanopi yang memiliki engsel ini bisa dibuka 70 derajat, lalu kursi depan akan berputar keluar dan penumpang bisa dengan mudah masuk dan keluar melalui pintu yang setengah terbuka. Sebuah ventilasi di bagian atas kaca depan memungkinkan udara segar masuk ke dalam kabin.

Konsep Retro Unik: Ford Mystere 1955

Ford Mystere juga menawarkan fitur-fitur yang terbilang canggih pada masanya. Sebuah radio-telephone ditempatkan di konsol antara jok depan dan belakang, dan setirnya memakai sistem ‘throw-over’, yang berarti bahwa mobil bisa dikemudikan dari kedua sisi kursi depan, kiri atau kanan. Fitur modern lainnya adalah tombol untuk menghidupkan mesin, serta satu set televisi di belakang jok depan. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)