Mathis VL333, Desain Futuristik Era 1940-an

Mathis VL333, Desain Futuristik Era 1940-an

Kota Alsace di Perancis disebut-sebut merupakan tempatnya para desainer mobil yang kreatif. Kota di perbatasan Perancis-Jerman ini merupakan kota asal Bugatti, pencipta mobil sport yang istimewa.

Dilansir dari Hemmings.com, selain itu, Alsace juga merupakan tempat berdirinya Mathis, salah satu perusahaan mobil terbesar di Perancis setelah ‘The Big Three’: Citroen, Peugeot dan Renault.

Mathis VL333, Desain Futuristik Era 1940-an

Nah, salah satu kreasi mereka yang unik dan tampak futuristik di era 1940-an adalah sebuah mobil beroda tiga yang dikenal sebagai Mathis VL333. Prototipe mobil buatan tahun 1942 ini membuktikan betapa kreatif dan inovatifnya Mathis pada saat itu.

Desain aerodinamis mobil ini menunjukkan bahwa para desainer di Mathis telah berada pada jalur yang tepat, namun sayangnya pemerintah Perancis tidak memiliki visi yang sama dan menolak serta menutup akses Mathis untuk membangun mobil ini.

Mathis VL333, Desain Futuristik Era 1940-an

Pada tahun 1946, prototipe Mathis VL333 ditampilkan pada ajang Paris Auto Show, namun kini mobil ikonik dari Mathis ini dipamerkan di Tampa Bay Auto Museum di Pinellas Park, Florida. Nah, pada pameran Lake Mirror Classic Car Show di Lakeland, Florida, beberapa waktu lalu, sepanjang hari mobil tersebut dikelilingi oleh para pengunjung yang antusias.

Menurut keterangan yang tertera di depan mobil ini, Mathis VL333 dibangun dari 20 lembar aluminium metal. Bodi mobil kemudian disambungkan dengan hampir 6.000 titik las, tanpa menggunakan sasis.

Mathis VL333, Desain Futuristik Era 1940-an

VL333 dibekali mesin flat-twin berkapasitas 700 cc, menggunakan penggerak roda depan dengan suspensi independen. Selama Perang Dunia II tahun 1940-1945, hanya 9 prototipe Mathis VL333 yang sempat dibangun, dan semuanya disembunyikan dari pihak Jerman. Sayangnya, dari kesembilan prototipe tersebut, hanya mobil inilah satu-satunya yang selamat hingga kini. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)