Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

Tidak hanya menghadirkan produ-produk andalan saja, kehadiran PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kali ini juga selalu menggelar berbagai acara talkshow yang melibatkan berbagai komponen.

Dan yang terbaru adalah sebuah talk show yang mengusung tema ‘Hino Peduli Keselamatan’. Acara yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City tersebut, selain melibatkan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Hino juga menggandeng Forum Wartawan otomotif (Forwot).

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

Kegiatan ini memberikan berbagai informasi seputar program dan fasilitas Hino, yaitu Hino Total Support Customer Centre (HTSCC) sebagai upaya mendukung Pemerintah mengkampanyekan keselamatan di Jalan.

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

Santiko Wardoyo selaku COO Director HMSI mengatakan, Hino menjadi satu-satunya merek kendaraan komersial di Indonesia, yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara atau yang lebih dikenal dengan HTSCC. Tempat ini sendiri merupakan pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelanggan setia kami.

“HTSCC ini digunakan sebagai pusat pelatihan pengemudi untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang handal dan tertib berlalu lintas,” kata Santiko, Rabu (17/8).

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

Sementara Ahmad Wildan, Senior investigator KNKT mengungkapkan bahwa kebanyakan kecelakaan bus dan truk terjadi akibat rendahnya budaya keselamatan (safety culture) di kalangan pengemudi. Kasus rem blong pada bus dan truk itu lebih dari 90 persen penyebabnya itu bukan dari kendaraan, tapi dari sang pengemudi armada tersebut.

Sebenarnya, kata Ahmad, mengenai budaya keselamatan berkendara itu mereka harus memahami. Pengemudi itu harus tahu resiko. Jadi meraka nantinya tidak asal mengemudi dan tidak asal bawa kendaraan.

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara

“Untuk itu, safety culture atau budaya berkendara yang memperhatikan keselamatan ini merupakan hal yang penting dimiliki oleh para pengemudi truk dan bus,” ungkap Ahmad.

Nah, untuk mengurangi angka kecelakaan tersebutlah, HTSCC yang berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat dibangun dengan beragam fasilitas basic driving course. Mulai dari blind spot test area, inspection boy, stop and go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Pentingnya Memahami Budaya Keselamatan Berkendara
Bahkan, HTSCC yang dibangun di atas lahan seluas 24.000-meter persegi tersebut diisi para instruktur yang andal, terlatih dan tersertifikasi BNSP. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP-LPK PT Hino Motors Sales Indonesia.

KOMENTAR (0)