Waktu Yang Tepat Mengganti Minyak Rem

Waktu Yang Tepat Mengganti Minyak Rem

Minyak rem mobil memiliki peran yang begitu penting untuk melumasi komponen dari sistem pengereman. Oleh sebab itu harus dirawat dengan benar, untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Lantas, bagaimana cara merawat komponen tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, sebaiknya minyak rem diganti setiap dua tahun sekali. Jika tidak, akan menurunkan perfoma dari minyak rem tersebut.

Waktu Yang Tepat Mengganti Minyak Rem

Apabila lebih dari dua tahun kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Karena dalam waktu dua tahun saja sudah sekitar dua hingga tiga persen kandungan air yang dihasilkan di dalamnya.

Jangan pernah menganggap ringan, karena minyak rem itu sendiri menyerap air dari kelembapan udara dan bisa menyebabkan titik didih dari cairan tersebut menurun. Titik didih rendah dapat menyebabkan rem blong, karena minyak rem mendidih. Ini terjadi karena panas dari kaliper diteruskan ke minyak rem.

Waktu Yang Tepat Mengganti Minyak Rem

Selain itu agar perangkat rem bisa bekerja lebih maksimal, disarankan untuk melakukan servis secara menyeluruh, termaksuk membersihkan, memeriksa bagian piston, kaliber, dan karet. Pastikan juga melakukan perawatan ini dilakukan oleh mekanik profesional.

KOMENTAR (0)