Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Antena mobil adalah salah satu komponen yang umumnya terpasang pada atap mobil dan berfungsi “menangkap” gelombang elektromagnetik untuk memenuhi kebutuhan perangkat elektronik dalam mobil semisal radio, televisi, ponsel dan navigasi satelit. Mengikuti  perkembangan  kebutuhan tersebut, tidak heran kalau  ada berbagai  jenis antena yang memiliki karakter serta desain masing-masing.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Fixed Antenna

Fixed antenna memiliki bentuk dan dimensi (panjang) yang  tetap karena perangkat  tersebut tidak bisa  dipanjangkan maupun dipendekkan, apalagi  diubah. Umumnya, fixed antenna bisa terletak di depan atau belakang atap. Ukuran fixed antenna  cukup pendek sehingga aman  dan tidak perlu khawatir tersangkut benda lain.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Metal Antenna

Sesuai  namanya, antena logam  terbuat dari bahan logam  dengan ukuran kecil dan bisa dipanjangkan atau dipendekkan secara manual dengan tangan untuk memaksimalkan penerimaan gelombang elektromagnetik sehingga dianggap cukup  merepotkan. Jika  ditarik terlalu panjang, dikhawatirkan akan tersangkut benda seperti portal  jalan, ranting pohon, dahan daun atau  atap parkiran. Kalau antena belum ditarik, muncul “noise” karena penerimaan gelombang elektromagnetik kurang optimal.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Motorized Antenna

Motorized antenna mempunyai kemampuan  untuk memanjang dan memendek secara otomatis berkat dukungan motor listrik. Memanjang secara otomatis  ketika  mesin atau head unit dinyalakan dan sebaliknya memendek secara otomatis saat mesin atau head unit dimatikan. Namun ada juga motorized antenna yang bisa diaktifkan melalui tombol.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Shark Fin Antenna

Shark Fin Antenna adalah antena yang berbentuk mirip sirip ikan hiu. Di luar tampilannya yang unik, antena sirip hiu  menawarkan  kemampuan  menangkap gelombang elektromagnetik yang  lebih baik daripada antena jenis lainnya. Umumnya, antena sirip hiu  terletak di bagian belakang atap mobil. Kini antena sirip hiu menjadi favorit sehingga  tidak sedikit  pemilik mobil yang mengganti antena standar dengan  versi aftermarket.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Digital Antenna

Antena digital memiliki ukuran kompak dan bentuk seperti kotak hitam yang terbuat dari plastik. Teknologi digital pada  antena digital menghasilkan kemampuan  menangkap gelombang elektromagnetik yang optimal. Antena digital   tidak kompatibel  dengan kaca film  yang mengandung bahan logam karena  dapat menghalangi penangkapan  sinyal  oleh antena.

Antena Mobil : Banyak Ragam dan Jenis 

Printed Glass Antenna

Berbeda dengan antena lainnya, printed glass antenna  terletak di dalam kabin mobil, tepatnya menempel pada  kaca pintu bagian belakang atau kaca jendela bagian samping. Selain itu, antena ini  memiliki bentuk yang menarik, karena berupa rangkaian garis yang sepintas menjadi satu dengan defogger pada kaca belakang.  Karena berada dalam kabin mobil, usia pakai antena ini lebih lama dibanding antena jenis lain. Dan juga bebas dari gangguan  cuaca. Hanya saja, printed glass antenna membutuhkan perawatan khusus jika ingin mengganti kaca film. Kalau sudah ada elemen yang putus saat lapisan kaca film yang lama diangkat, maka rangkaian garis elektronik tersebut masih bisa diperbaiki dengan memakai cairan khusus. Dengan demikian, jalur elektronik yang terputus tadi bisa disatukan kembali.

TAGS

KOMENTAR (0)