Electric Fuel Pump: Jarang Bermasalah, Tapi…

Electric Fuel Pump: Jarang Bermasalah, Tapi...

Pompa bahan bakar (fuel pump) adalah salah satu komponen penting untuk memompakan bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju sistem induksi bahan bakar mesin. Pada mesin modern yang menganut sistem EFI (Electronic Fuel Injection), pompa bahan bakar yang digunakan  adalah pompa bahan bakar elektrik. Rata-rata pompa bahan bakar elektrik pada sistem EFI ditempatkan  di dalam tangki bahan bakar (dicelup) alias in-tank fuel pump.

Electric Fuel Pump: Jarang Bermasalah, Tapi...

Secara umum,  pompa bahan bakar elektrik yang dicelupkan  di dalam tangki bahan bakar memiliki keunggulan lebih aman, lebih bersih dan lebih senyap (karena bunyi motor listrik diredam oleh bensin). Selain itu, minim kerusakan karena pompa bahan bakar selalu terendam bahan bakar  dalam tangki pompa sehingga relatif bebas dari kondisi ekstrem seperti benturan. Begitu pula suhu kerja yang relatif stabil berarti lebih aman dari kerusakan.

Pada sisi lain,  pompa bahan bakar elektrik  dalam tangki bahan bakar membutuhkan waktu perbaikan yang lebih lama jika  mengalami kerusakan karena proses bongkar pasang yang lebih rumit. Selain itu,  penggantian pompa bahan bakar elektrik model celup yang rusak harus diganti secara utuh (assy) berikut  perlengkapan lainnya  seperti sending unit, sensor dan regulator.

Terkait aspek teknis, electric fuel pump assembly terdiri atas motor listrik, unit pompa, saringan bahan bakar, strainer dan perangkat elektronik lainnya seperti sending unit, sensor dan regulator. Karena semua komponen tersebut sudah bersifat terpadu, biasanya penggantian fuel pump assy dilakukan secara utuh alias ganti total.

KOMENTAR (0)