Imam Effendi, Usia Tak Menghalangi Bertualang

Imam Effendi, Usia Tak Menghalangi Bertualang

Bagi sebagian orang, usia memang bukan menjadi penghalang untuk melakukan berbagai hal. Dengan memiliki tekad yang kuat, tentu bisa melakukan apapun yang disukai, walaupun hal tersebut mungkin terasa riskan untuk dilakukan oleh orang-orang yang umurnya sudah tak muda lagi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Imam Effendi, salah satu peserta Rally Wisata Trans Sulawesi PPMKI. Ya, di umurnya yang ke-73 tahun, ia menjadi salah satu anggota tertua yang ikut dalam rombongan rally wisata ynag digelar 17 hingga 27 November 2013 tersebut.

Imam Effendi, Usia Tak Menghalangi Bertualang

Dalam rally itu, ia bersama 120 anggota PPMKI lainnya menjelajahi Pulau Sulawesi, mulai dari Kota Makassar hingga Manado. Hebatnya, selama perjalanan Imam sama sekali tidak mengeluh walaupun usianya sudah bisa dibilang tak muda lagi. Sebaliknya, ia malah terlihat begitu enerjik dan bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh panitia.

Imam Effendi, Usia Tak Menghalangi Bertualang

Imam mengakui, dirinya sangat senang mengikuti kegiatan rally wisata ini. Karena, dengan begitu ia bisa menikmati indahnya pemandangan di Pulau Sulawesi, terlebih di acara ini ia bisa bersilaturahmi dengan teman-teman lamanya sesama anggota PPMKI.

Sebenarnya, perjalanan trans Sulawesi ini, bukan yang pertama kalinya ia lakukan. Pada tahun 1988 dan 1991, Imam pernah mengikuti perjalanan melintasi Pulau Sulawesi. Namun, perjalanan tahun ini dirasakannya lebih mudah jika dibandingkan puluhan tahun lalu, dimana kala itu akses jalan memang masih belum sebagus sekarang dan sulit dilalui oleh kendaraan.

Imam Effendi, Usia Tak Menghalangi Bertualang

“Dulu jalannya masih rusak, belum di aspal seperti saat ini; penginapannya pun masih belum banyak,” ujar Imam bernostalgia.

Mengikuti Rally Wisata Trans Sulawesi 2013 ini, Imam mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Dirinya hanya menyiapkan baju-baju tebal untuk menghalau rasa dingin. Lalu, bagaimana cara Imam menjaga stamina selama perjalanan? Semangat, itulah kuncinya. Dengan semangat yang dimiliki, Imam bisa mengikuti rally wisata ini hingga tuntas di finish terakhir. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)