Konsep Retro Unik: Plymouth XNR Concept 1960

Konsep Retro Unik: Plymouth XNR Concept 1960

Plymouth XNR Concept dibangun pada tahun 1959 oleh Ghia dan diperkenalkan pada tahun 1960. XNR Concept mengambil nama dari sang desainernya, Virgil M. Exner.

Dirancang sebagai sportscar bertenaga besar, XNR Concept dibekali mesin Slant Six 170 yang dipersiapkan untuk spesifikasi NASCAR. Mesin ini mampu membesut 250 tenaga kuda, dan saat diuji coba mobil konsep ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 150 mph atau 241 km/jam.

Konsep Retro Unik: Plymouth XNR Concept 1960

Walaupun XNR Concept dibangun pada wheelbase Plymouth Valiant yang berukuran 106 inci, bodinya yang memanjang membuat panjang keseluruhan menjadi 195 inci. Sementara, tinggi kendaraan hanya 43 inci dari bawah hingga ke puncak sirip belakang.

Bingkai dari grille depan XNR dibangun dari bahan heavy duty dan ini membuat beratnya dua kali lipat dari bumper depan mobil biasa. Selain itu, di bagian belakang dipasang bumper bermotif ‘X’, sebagai pengingat visual dari nama mobil dan sifat dasarnya yang asimetris.

Konsep Retro Unik: Plymouth XNR Concept 1960

Sisi paling unik dari XNR Concept adalah pengemudi duduk di belakang kaca depan melengkung yang ‘dramatis’, sementara disampingnya kaca lipat berukuran lebih kecil tersedia untuk perlindungan penumpang. Selain itu, penumpang juga duduk sedikit lebih rendah daripada pengemudi –sebuah pemikiran desain untuk meminimalkan efek negatif dari angin.

Konsep Retro Unik: Plymouth XNR Concept 1960

Sayangnya, setelah diperkenalkan Chrysler menganggap XNR tak akan laku di pasaran; bahkan jika ada pasarnya pun, styling XNR akan tampak terlalu ‘ekstrim’ untuk meraih angka penjualan yang baik. Akhirnya, pemecatan mendadak Exner pada tahun 1962 mengakhiri setiap peluang desain XNR yang mungkin –menurut beberapa kalangan– dapat disempurnakan dan menjadi pesaing Ford Mustang di masa mendatang.

Berikut video Plymouth XNR Concept dari RM Auctions, yang melelang mobil konsep ini pada Agustus 2012 lalu. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)