Gaikindo Tawarkan Solusi Percepat Penjualan Mobil Listrik

Gaikindo Tawarkan Solusi Percepat Penjualan Mobil Listrik

Dibandingkan dengan mobil mesin bakar internal, penjualan mobil listrik di Indonesia masih sangat sedikit. Gaikindo pun menawarkan sejumlah solusi untuk mempercepat penjualannya di Tanah Air.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, mengatakan, dipasarkannya sejumlah model mobil listrik menjadi jalan masuk Indonesia ke era elektrifikasi. Apalagi ke depannya Indonesia juga telah berencana membangun pabrik baterai mobil listrik. “Bagaimanapun juga kita akan mengarah ke mobil listrik sebagai salah satu alternatif. Namun, proses adopsinya tentunya bisa dilakukan secara alamiah,” ujar Kukuh.

Gaikindo Tawarkan Solusi Percepat Penjualan Mobil Listrik

Misalnya pada waktu masyarakat atau melakukan transisi kendaraan dari manual transmission ke automatic transmission, di saat masyarakat bisa merasakan manfaatnya mereka akan memilih kendaraan tersebut. “Pemerintah harus bergerak aktif membuat program semacam LCGC/KBH2 yang dilakukan pada 2013, tapi khusus untuk mobil listrik,” ungkap Kukuh.

Selain itu, dari sisi riset dan pengembangan produk juga perlu digiatkan. Menurut Kukuh, perlu ada mobil listrik yang disiapkan khusus untuk pasar Indonesia. “Kenapa diperlukan? Karena kendaraan listrik yang saat ini beredar di dunia, umumnya dikembangkan di negara-negara yang memiliki empat musim. Sementara di Indonesia punya dua musim, musim hujan dan musim panas,” kata Kukuh.

Gaikindo Tawarkan Solusi Percepat Penjualan Mobil Listrik

Terakhir, berkembangnya mobil listrik di Tanah Air tak lepas dari rencana produksi baterai secara lokal. Jika rencana tersebut dapat terealisasi, penjualan akan tumbuh dengan sendirinya. “Jadi Gaikindo mendukung upaya pengembangan electric vehicle, apalagi kalau kemudian baterainya buatan Indonesia. Karena raw material-nya ada di kita, sehingga kita bisa bilang ‘apapun kendaraan listriknya, yang penting baterainya buatan Indonesia’,” kata Kukuh.

KOMENTAR (0)