Citroën DS

Citroën DS

Citroën DS adalah mobil yang diproduksi dan dipasarkan oleh pabrikan otomotif Perancis Citroën dari tahun 1955-1975. Dirancang oleh desainer asal Italia Flaminio Bertoni dan insinyur penerbangan Perancis André Lefebvre, Citroën DS dikenal dengan desain aerodinamis futuristik dan teknologinya yang inovatif, termasuk suspensi self-leveling hydropneumatic.

Citroën DS juga menawarkan standar kualitas berkendara, handling dan pengereman yang lebih maju di masa itu. DS berada di posisi ketiga pada kompetisi ‘Car of the Century’ tahun 1999, dengan predikat desain mobil yang paling berpengaruh di dunia, serta dinobatkan sebagai mobil paling indah sepanjang masa oleh majalah Classic & Sports Car pada sebuah polling yang melibatkan 20 desainer mobil terkenal di dunia, termasuk Giorgetto Giugiaro, Ian Callum, Roy Axe, Paul Bracq dan Leonardo Fioravanti.

Diperkenalkan pada publik di Paris Motor Show 1955 sebagai penerus Traction Avant, Citroën DS meraih sensasi dan antusiasme kalangan otomotif dengan desainnya yang futuristis di kala itu. Bahkan, dalam 45 menit pertama debut publiknya, Citroën DS meraih 743 pesanan, dengan total pemesanan untuk hari pertama mencapai 12.000 unit.

Citroën DS juga merupakan mobil produksi massal pertama yang menggunakan power disc brakes pada roda depan. DS juga menampilkan suspensi hydropneumatic, termasuk sistem leveling otomatis dan ground clearance yang bervariasi.

Pada sebagian besar mobil konvensional, sistem hidrolik hanya digunakan pada rem dan power steering saja. Namun, Citroën DS mengaplikasikannya juga untuk suspensi, kopling dan transmisi. Selain itu, penerapan sistem hidrolik untuk suspensi kendaraan agar dapat melakukan self-leveling merupakan langkah yang inovatif, karena suspensi ini memungkinkan mobil untuk mencapai handling yang lebih baik, dikombinasikan dengan kualitas berkendara yang tinggi, sehingga DS sering pula diibaratkan sebagai ‘karpet ajaib’ oleh penggunanya.

Citroën memproduksi total 1,455,746 unit D-series selama 20 tahun masa produksinya, dengan empat varian yaitu DS19, DS20, DS21 dan DS23. Pabrik perakitan Citroën DS juga tersebar dari Paris, Prancis hingga ke Johannesburg, Afrika Selatan. **Dari berbagai sumber/MS

TAGS

KOMENTAR (0)