Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

Umat muslim di Indonesia kembali menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan. Biasanya, ketika puasa beberapa aktivitas rutin berubah jadwalnya disesuaikan dengan waktu berpuasa. Meski begitu, mobil sebagai sarana mobilitas tetap dibutuhkan dalam menjalankan rutinitas harian. Oleh karena itu, AutoFamily tetap wajib menjaga kondisi kendaraan supaya tidak bermasalah dan memberi rasa tenang di jalan.

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

1. Pastikan AC Dingin dan Sejuk

Aktivitas di siang hari cukup menguras stamina, apalagi kalau banyak waktu dihabiskan di jalan. Emosi mudah terpicu apabila suasana hati tidak tenang lantaran AC kurang dingin. Oleh karena itu, pastikan sistem pendingin kabin mobil dalam kondisi dingin dan sejuk untuk memberikan rasa nyaman, apalagi kalau harus berhadapan dengan jalan macet. Di sisi lain sebagai pengemudi, AutoFamily wajib menjaga kondisi tubuh di bulan puasa. Jaga kebugaran diri mulai dari waktu sahur dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein, serta perbanyak minum air putih supaya tidak mudah dehidrasi. Saat berbuka puasa, harus tetap menjaga pola makan untuk menjaga stamina tubuh. Termasuk menjaga emosi ketika ada masalah di jalan karena ingat esensi puasa adalah menahan diri termasuk marah.

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

2. Periksa Mesin Mobil

Kondisi mesin yang prima membuat hati tenang ketika mengemudi mobil. Tentu AutoFamily tidak ingin mobilnya mogok di siang hari yang terik ketika berpuasa. Pastikan oli mesin tidak kurang takarannya dan selalu diganti sesuai jadwal yang ditentukan. Periksa pula suara mesin ketika dinyalakan di pagi hari, terutama jika ada suara aneh yang tidak biasanya atau lampu indikator di panel instrumen menyala.

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

3. Perhatikan Kondisi Ban

Jangan pernah bosan memeriksa kondisi ban mengingat tugasnya yang berat dan AutoFamily sangat mengadalkannya di jalan. Ditambah, saat ini hujan masih sering turun dan membuat jalan basah. Ban yang tidak dalam kondisi prima, seperti telapak ban sudah aus atau tekanan udaranya kurang, dapat menyulitkan di jalan. Bahkan jika dipaksakan sanggup memicu kecelakaan seperti mobil melintir akibat aquaplaning.

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

4. Jaga Kebugaran Mobil

Tidak hanya AutoFamily yang wajib menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa, mobil kesayangan juga wajib dijaga kebugarannya. Supaya mobil tidak dehidrasi, periksa cairan pendukung seperti air radiator, air wiper, minyak rem, dan cairan pendukung lainnya. Sekaligus, perhatikan kondisi cairan tersebut. Kalau kotor, segera ganti dengan cairan baru untuk menjaga kualitasnya.

Cara Mudah Menjaga Kondisi Mobil di Bulan Puasa

5. Ganti Komponen Mobil yang Rusak

Jangan biarkan komponen mobil yang rusak tidak diganti. Selain akan menyulitkan jika semakin rusak, umumnya masalah akan menjalar ke onderdil lain yang masih sehat. Seperti, shock absorber yang rusak dapat membuat komponen kaki-kaki lain ikut rusak karena harus menopang kinerjanya. AutoFamily tentu tidak mau biaya perbaikan justru melonjak akibat menunda mengganti spare parts yang sudah tidak laik pakai.

KOMENTAR (0)