Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Mobil klasik benar-benar memberikan pengalaman tersendiri, mulai dari tampilan, suara, rasa, hingga baunya. Dan, dari sebuah ide kecil untuk mengadakan festival di sebuah pedesaan Inggris, akhirnya menjadi festival besar-besaran bernuansa vintage Goodwood Revival, yang digelar setiap tahun selama tiga hari di bulan September.

Sejarah festival ini sendiri berawal dari sebuah perang yang terjadi di Inggris pada tahun 1938. Saat itu, Duke of Richmond menyumbangkan sebagian dari perkebunan yang sangat luas untuk Royal Air Force yang merupakan bentukan dari RAF Westhampnett.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Setelah perang usai, tanah tersebut dikembalikan kepada Duke. Ia kemudian dibujuk untuk merubah lapangan terbang tersebut menjadi sebuah sirkuit balap motor, dan untuk pertama kalinya pada tahun 1948-1966, di GoodWood diselenggarakan acara olahraga otomotif.

Dilansir dari Hemmings, selama 17 tahun terakhir, pada setiap bulan September dirayakan ajang Goodwood Revival ini, dimana tentu saja, fokus utamanya adalah balap mobil klasik. Pada edisi tahun ini, ada 16 jenis balapan yang dilombakan dan melibatkan berbagai macam kendaraan.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Beberapa ajang balap mobil di Goodwood revival tersebut diantaranya Grand Prix dari tiga era yang berbeda, European Touring Saloons, American V8 Muscle, balap mobil prototipe, balap sepeda motor dan lain-lain.

Sementara, acara utama adalah Royal Automobile Klub Tourist Trophy, yang tahun ini memperebutkan hadiah sebesar USD 250 juta. Jangan salah, ini bukan parade terselubung dari Ferrari GTO, Cobra, atau seri Lighweight E-type. Para pebalap (banyak diantaranya yang dipekerjakan secara profesional) berjuang keras, untuk meraih gelar di ajang klasik bergengsi ini.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Selain itu, bukan hanya koleksi mobil vintage dan klasik saja, di festival Goodwood Revival 2014 para pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman vintage yang tak terlupakan. Peserta acara dianjurkan untuk memakai pakaian yang biasanya dipakai di era 1940-an hingga 1960-an. Kebanyakan dari para pria memakai pakaian militer, sementara para wanita banyak yang memakai rok polkadot ataupun topi pillbox yang khas.

Suasana vintage meluas ke trek, yang didesain hampir seperti trek balap ‘jadul’. Telinga Anda akan mendengar suara meraung dari berbagai mobil balap Formula Satu buatan awal 1960-an, yang memiliki kapasitas mesin 1.5L, di trek balap Revival ini.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Tak hanya itu, setiap tahunnya juga diberikan penghargaan khusus untuk berbagai insan otomotif dunia. Salah satunya, Sir Jackie Stewart, sang pembalap Formula 1 terkenal dari Inggris, yang selama karirnya telah mengharumkan nama Inggris di kancah balap mobil dunia.

Selain itu, untuk mengenang heroisme para veteran PD II, pada edisi Goodwood Revival tahun 2014 ini juga digelar parade kendaraan militer, yang sebagian besar sempat digunakan saat perang terjadi.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Tak hanya di darat, di udara pun atraksi Revival berlanjut, dengan ‘The Battle of Britain’ yang mengetengahkan berbagai pesawat Spitfire and Hurricane yang terbang di atas lokasi Goodwood, merefleksikan momen-momen bersejarah saat PD II silam.

Selain itu semua, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan di luar lokasi Revival, di daerah yang disebut ‘Over the Road’. Disini, Anda akan menemukan bazar vintage untuk para anak muda dan Anda yang berjiwa muda, dengan pilihan berbagai pakaian atau automobilia klasik.

Dari Ajang Goodwood Revival 2014

Nah, jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak uang atau ingin membawa pulang sebuah mobil klasik impian, Anda pun bisa kunjungi ajang lelang Bonhams, yang menawarkan beragam koleksi mobil vintage dan klasik pilihan di ajang ini. **MS

TAGS

KOMENTAR (0)