BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

Meskipun produksi untuk versi jalan umumnya baru dimulai sekitar setahun kemudian, BMW 328 –mobil sport sejati pertama dari BMW– melakukan debut publik perdananya pada musim panas tahun 1936, tepatnya 80 tahun yang lalu. Kala itu, produsen mobil asal Bavaria tersebut mungkin tak akan menyangka bahwa mobil roadster kecil ini akan mengubah citra perusahaan di masa depan.

Dengan bodi yang dirancang oleh Peter Szymanowski (atau Kurt Joachimson, menurut sebagian kalangan) dan urusan teknis ditangani oleh Fritz Fiedler, 328 telah menjadi basis dari berbagai elemen utama yang dapat ditemukan di hampir semua mobil sport BMW yang pernah diproduksi semenjak kehadirannya di tahun 1936.

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

BMW 328 memiliki dinamika diatas rata-rata, rasio power-to-weight yang tinggi serta mesin inline enam silinder seimbang yang ditempatkan jauh di belakang as roda depan. Dengan kata lain, 328 mencakup semua nilai-nilai inti BMW untuk pertama kalinya dalam sejarah, membuka jalan bagi generasi mobil sport premium masa depan mereka.

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

Dengan berat hanya sedikit dibawah 800 kilogram (1.763 pon) dan mesin enam silinder naturally aspirated berkapasitas 2.0-liter di bawah kap mesinnya yang panjang dan montok, versi balap dari BMW 328 seakan menjadi ‘antitesis’ dari mobil-mobil balap di masanya, saat turun di International Eiffel Race di Nürburgring, pada 14 Juni 1936 silam.

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

Beberapa media saat itu juga mengibaratkan balapan antara 328 dengan mobil-mobil balap lain di ajang tersebut sebagai ‘pertempuran David vs Goliath’, dimana mobil balap BMW yang dikemudikan pebalap Ernst Henne ini sukses meraih kemenangan, dan membuat lebih dari seperempat juta penonton International Eiffel Race bersorak sorai.

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

Setahun setelah debutnya yang fenomenal tersebut, versi jalanan umum BMW 328 mulai diproduksi massal. Sayangnya, sampai produksinya terhenti pada tahun 1940, hanya ada sekitar 464 unit yang meluncur dari lini produksi. Dengan prediksi hanya sekitar 200 unit saja yang masih bertahan hingga saat ini, BMW 328 pun menjadi salah satu mobil pra-Perang Dunia II langka yang paling banyak dicari oleh penggemar dan kolektor.

BMW 328 Masuki Usia 80 Tahun

Selain versi coupe yang disebutkan sebelumnya, versi legendaris lain dari BMW 328 adalah Mille Miglia Roadster, yang berhasil merebut kemenangan secara keseluruhan di ajang Mille Miglia tahun 1940, meskipun –sekali lagi– sempat menjadi underdog karena ukurannya yang kecil dan power-nya yang tak terlalu besar. **MS/ Foto-foto: Istimewa


<iframe width=”640″ height=”360″ src=”https://www.youtube.com/embed/Jbgk3o0-qaQ” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

TAGS

KOMENTAR (0)