Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

Sebanyak 87 kendaraan offroad super-ekstrim dan 61 motor dirt bike dengan total 371 personil dari klub Indonesia Offroad eXpedition (IOX) siap beraksi ala ‘Camel Trophy‘ menjelajahi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan dalam ekspedisi IOX 2017 Celebes, yang akan digelar pada tanggal 7-21 Oktober 2017 mendatang.

Ekspedisi IOX ini merupakan event tahunan, dimana Celebes merupakan kelanjutan dari IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi-Palembang, IOX 2013 Sabang-Medan, IOX 2014 Lahat-Monas, IOX 2015 Jakarta-Surabaya, dan IOX 2016 Jogja-Bali. IOX 2017 Celebes yang direncanakan start dari Kota Kendari tanggal 7 Oktober 2017 dan finish di Makassar tanggal 21 Oktober 2017 ini, selain menikmati wisata alam juga akan menguji kemampuan fisik, mental dan kendaraan para peserta dalam menembus rute-rute ekstrim di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

Yoyok, Ketua Klub Offroad IOX mengatakan, selain menyelenggarakan event utama offroad, pihaknya juga menggelar event wisata (overland) kendaraan 4×4 dan sepeda motor. Offroad memang telah menjadi acara tahunan IOX, namun untuk overland ini adalah event terbaru dari IOX yang dipersembahkan bagi para offroader yang lebih menyukai tema wisata. “Karena masih tergolong baru, dalam event overland ini kami sengaja batasi dari segi jumlah peserta, mengingat event ini masih bersifat pilot project,” kata Yoyok dalam keterangan resminya yang diterima Otoblitz.net, Jum’at (15/9).

Sementara Firzal Muzaffar, Ketua Panitia IOX 2017 Celebes mengungkapkan bahwa tujuan dari ekspedisi offroad IOX-2017 Celebes ini untuk menyingkap tabir pesona Sulawesi, terutama di wilayah yang tidak pernah dilalui kendaraan bermotor sejak lama. “Saya jamin rute-rute yang akan dilewati sangat sesuai untuk menguji keterampilan (skill), ketahanan fisik, mental dan kendaraan para peserta, karena mereka akan melalui jalur-jalur tua sepanjang 40 km yang sudah terlupakan dan tidak terpakai lagi, dimana kondisinya saat ini telah menjadi sangat super ekstrim,” ungkap pria yang akrab disapa Pipit tersebut.

Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

Perjalanan sepanjang sekitar 1500 Km dalam 15 hari perjalanan ini, waktunya mayoritas akan dilakukan di area super-ekstrim Sulawesi yang sangat menantang. Ekspedisi ini diklaim akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para offroader yang mengikuti event IOX-2017 hingga ke batas kemampuannya, lantaran arena trek yang akan dilewati tersebut memang menjadi impian bagi para offroader.

Sementara itu, Fion Kamil, Team Leader IOX 2017 Celebes yang bertanggung jawab terhadap rute dan trek menjelaskan, kondisi trek memang sangat menantang, mengingat sudah 20 tahun tidak dilalui kendaraan dan terdapat sekitar 21 pohon tumbang yang harus dibersihkan peserta. Peserta juga akan melalui empat rawa setinggi kap mesin dan menyeberangi beberapa sungai yang lebar dan dalam, dengan arus yang deras.

Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

“Trek Raota-Rante Angin tersebut akan menjadi trek ‘terbejat’ yang akan menyiksa peserta, dan diperkirakan butuh waktu sekitar 7 hari 7 malam untuk berhasil keluar dari trek tersebut,” jelas Fion. Event IOX 2017 Celebes juga diyakini akan menjadi perjalanan yang berat bagi para peserta, mengingat kondisi cuaca yang diperkirakan akan ada hujan dengan kemungkinan banjir dan longsor.

Dari sisi kendaraan, persyaratan untuk mengikuti IOX 2017 Celebes juga sangat ketat, untuk menjamin agar ekspedisi dapat berjalan dengan aman dan tanpa hambatan. Untuk itu, setiap peserta dan kendaraannya wajib mengikuti sebuah proses scrutineering atau pemeriksaan, mulai dari fisik kendaraan hingga perbekalan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di hutan tropis Sulawesi.

Peserta IOX 2017 Celebes Siap Hadapi Rute Ekstrim

Untuk memastikan kesiapan peserta, pihak panitia juga membekali dengan coaching clinic yang akan digelar tanggal 16 September 2017 di Jakarta, sementara untuk pemeriksaan kendaraan (scrutineering) dilakukan tanggal 17 September 2017. Event IOX sendiri merupakan hasil kerjasama Klub IOX Pusat dengan IOX Chapter Makassar dan Chapter Kendari serta IOF dan IMI Sulawesi Selatan dan Tenggara, yang didukung oleh Pemda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. **MS/ Foto-foto: Dok. IOX

TAGS

KOMENTAR (0)