Studebaker Speedster

Studebaker Speedster

Studebaker Speedster adalah model mobil coupe mewah bertampang ikonik yang diproduksi oleh Studebaker Corporation di South Bend, Indiana, untuk model tahun 1955 saja. Mobil dianggap sebagai model halo sekaligus studi design and styling Studebaker untuk musim 1955. Sebelumnya, perusahaan sempat menggunakan nama ‘Speedster’ juga untuk model kendaraan mereka di awal tahun 1920-an.

Speedster merupakan anggota dari line-up Studebaker President, dan dibangun berdasarkan President versi hardtop coupe. Untuk tahun 1955, perusahaan mengubah desain model kendaraannya untuk mengadopsi bemper depan serta grille yang lebih besar, menyesuaikan dengan tren mobil-mobil Amerika saat itu.

Studebaker Speedster

Awalnya, sebanyak 20 unit Speedster dibangun hanya sebagai showcar, untuk ditampilkan di beberapa pameran mobil dalam rangka merefleksikan model tahun 1955 mereka. Reaksi yang antusias terhadap mobil showcar ini lantas menyebabkan manajemen Studebaker segera memproduksi Speedster di pertengahan 1955, sebelum digantikan oleh seri Studebaker Hawk yang memang telah direncanakan sebelumnya.

Studebaker Speedster dibanderol mulai dari USD 3,346, atau sekitar USD 800 lebih mahal ketimbang President versi hardtop. Alasannya adalah Speedster 1955 sarat dengan peralatan modern (untuk masa itu), termasuk tersedianya pilihan Studebaker Automatic Drive atau transmisi overdrive, power steering, hingga power brakes.

Studebaker Speedster

Selain itu, Speedster juga dilengkapi dengan karburator four-barrel, knalpot ganda, hingga interior dengan jok berlapis kulit asli dan dashboard full-indikator berlapis krom, bahkan dilengkapi pula dengan wiper elektrik dua percepatan dan klakson tiga nada.

Studebaker Speedster dibekali mesin V8 OHV 259 kubik inci berkapasitas 4.239 cc, yang mampu membesut daya 185 hp (138 kW) pada torsi 350 Nm (258 ft.lb). Ini memungkinkan Speedster melaju dari 0-60 mph dalam tempo kurang dari 10 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi 110 mph atau 177 km/jam.

Studebaker Speedster

Pada akhir periode produksinya yang hanya satu tahun saja, tercatat 2.215 unit Studebaker Speedster telah diluncurkan dari jalur perakitan, sebelum digantikan Studebaker Golden Hawk di tahun 1956. **1001 Cars to Dream of Driving Before You Die/MS

KOMENTAR (0)