Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

Mazda berencana untuk menghentikan produksi dari dua jajarannya. Mazda CX-3 Crossover 2021 dan Mazda6 Sedan 2021 akan menjadi model terakhir dari seri masing-masing, hal ini telah dikonfirmasi Mazda jika kedua model ini tidak akan hadir untuk model tahun 2022.

Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

“Selama lebih dari 100 tahun, Mazda telah berhasil memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah dan industri yang selalu berubah dengan kendaraan yang dirancang dengan indah dan menyenangkan untuk dikendarai,” ujar perwakilan Mazda dalam sebuah pernyataan. “Karena minat konsumen terus berkembang, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda6 untuk model tahun 2022. Meskipun kedua model ini akan meninggalkan jajaran kami, kami bangga dengan kinerja, desain, kualitas, dan keselamatan dari kedua model ini untuk brand kami.”

Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

Hal ini dilakukan karena kini minat konsumen semakin menunjukkan lebih condong ke arah jajaran SUV yang lebih besar milik Mazda. Sama seperti pasar industri otomotif lainnya, pembeli Mazda menginginkan ruang dan posisi mengemudi yang lebih sempurna. Untuk itu, mereka lebih memilih model seperti Mazda CX-5 dan CX-9.

Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

Bisa dikatakan penjualan Mazda6 dan CX-3 terbukti mengecewakan. Pada April 2021, pabrikan ini menjual lebih dari 1.500 unit Mazda6, sehingga total penjualan untuk tahun ini hanya sebanyak 5.800 mobil di AS.

Sementara itu, untuk CX-3, kekurangannya makin terlihat mencolok dibandingkan model SUV lainnya di jajaran SUV Mazda. Penjualan di bulan April hanya berjumlah 893 unit, dibandingkan angka 5.532 dari CX-30, 3.188 unit dari penjualan CX-9 tiga baris , dan 14.883 dari model CX-5, sebagai best-seller Mazda. Sepanjang tahun ini, Mazda telah menjual lebih dari 55 ribu CX-5, dan hanya 23 ribu CX-3 yang laku dipasaran

Sedangkan untuk Mazda6, realita pasar otomotif pada umumnya turut menentukan nasib sedan tersebut. Meskipun secara umum dipuji karena dinamika berkendara yang memuaskan , gaya yang tampan, dan kabin yang dirancang dengan baik, penjualan sedan secara umum menurun di seluruh industri.

Mazda Akan Hentikan Produksi Dua Model Jajarannya

Model generasi ketiga saat ini berasal dari tahun 2012 dan, meskipun menerima facelift pada tahun 2018, pada saat ini sudah mulai menunjukkan usianya. Mazda dengan jelas memutuskan bahwa biaya pengembangan Mazda6 generasi keempat tidak akan sebanding dengan keuntungan yang mungkin didapat.

Apakah hal ini akan berpengaruh pada penjualan Mazda CX-3 terbaru dengan kapasitas mesin yang lebih kecil dan juga penjualan Mazda6 sedan di Tanah Air?

KOMENTAR (0)