KTCI Tanam 100 Bibit Pohon di Hutan Kota

 

Dalam menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November, Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI) mengadakan kegiatan menanam 100 bibit pohon seperti eucalyptus, sawo kecik, damar, sukun, hingga jamblang di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat.

Kegiatan dilakukan pada hari Minggu 27 November lalu, dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga selesai dan dihadiri lebih dari 20 anggota KTCI se-Jabodetabek dan Kerawang.

Acara dibuka oleh Penanggung-jawab Hutan Kota Srengseng Ibu Kristina Siringoringo, dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bibit pohon oleh Ketua Umum KTCI Rivai Kiantoro dan penyerahan atribut KTCI sebagai cinderamata kepada Ibu Kristina.

Penanaman pertama dilakukan oleh Ketua Umum Rivai Kiantoro dan Sekjen R Danang Darmawan, dilanjutkan keliling lokasi dengan dipandu Ibu Kristina untuk menjelaskan jenis-jenis pohon yang ada serta manfaatnya. Anggota KTCI yang hadir rata-rata mengajak keluarganya, dan tampak begitu antusias karena lokasi ini juga bisa sarana untuk berwisata alam.

KTCI menganggap perlu diadakan kegiatan ini mengingat produk yang diusung pada komunitas ini adalah Toyota Calya yang menganut LCGC (Low Cost Green Car), yaitu kendaraan yang ramah lingkungan. Sedangkan pemilihan lokasi d Hutan Kota Srengseng Jakbar, menurut riwayatnya awal lokasi ini adalah tempat pembuangan sampah namun kemudian fungsinya berubah menjadi hutan kota.

Hutan kota ini memang menjadi suatu terobosan dan inovasi yang tepat sasaran, mengingat wilayah DKI Jakarta sekarang sudah dikepung oleh bangunan dan prasarana dari beton, sehingga berdampak pada lingkungan terutama ancaman bencana banjir.

KTCI berharap, kedepannya banyak tercipta lokasi hutan kota khususnya di DKI Jakarta dan kota-kota di Indonesia lainnya, agar ekosistem perkotaan bisa seimbang bagi warga yang hidup di kota. **MS/ Foto-foto: Dok.

Rate this article:
(Average Rating 0 Based on 0 rating)

NEWS Updates


Related Articles


Most Popular